Sabtu, 18 April 2015

Makalah - Manfaat Internet Bagi Kalangan Remaja

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pemuda merupakan ujung tumbak sebuah bangsa, begitulah bunyi sebuah pepatah. Jika pemuda saja sudah merupakan ujung tombak, apalagi dengan pemuda yang terpelajar, tentu bisa lebih hebat dari sekedar pemuda biasa. Pelajar merupakan cikal bakal pemimpin, golongan yang memiliki pengetahuan, dan yang lebih penting, memiliki etika dan integritas diri sebagai seseorang yang terpelajar.
Dewasa ini penggunaan internet di masyarakat semakin luas dan berasal dari semua kalangan. Jika dulu internet lebih banyak dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, saat ini internet juga banyak digunakan untuk mengakses informasi hiburan dan media sosial. Penggunanya pun semakin beragam, mulai dari kalangan dewasa hingga remaja bahkan anak-anak. Tidak terkecuali pelajar, yang bisa disebut sebagai golongan yang “melek teknologi”, karena memiliki usia yang tergolong muda dan rasa ingin tahu yang besar. Dampaknya pun bisa beragam, disamping manfaat negatif dari penggunaan internet, terdapat banyak juga manfaat internet bagi pelajar.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan internet?
2.      Bagaimana pengaruh pengunaan internet dalam kehidupan sehari?
3.      Apa sajakah manfaat internet bagi remaja?
4.      Apa sajakah dampak negatif intenet?
5.      Apa sajakah cara mengatasi dampak negatif dari internet?

C.    Tujuan
1.     Mengetahui pengertian intenet.
2.     Mengetahui pengaruh pengunaan internet dalam kehidupan sehari-hari.
3.     Mengetahui manfaat internet bagi remaja.
4.     Mengetahui dampak negatif internet.
5.     Mengetahui cara mengatasi dampak negatif dari internet.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran (decentralization)/pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem.
Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
B.     Pengaruh Penggunaan Internet dalam Kehidupan Sehari-Hari
Kecandungan teknologi harus disembuhkan dan masyarakat harus disadarkan sebelum teknologi menimbulkan efek yang lebih buruk lagi. Alat teknologi membuat banyak dari kita merasa gelisah, karena pikiran hanya tertuju pada alat ini, seperti ponsel misalnya. Kecandungan teknologi seperti ini bias dilihat dari seringnya orang mengecek ponsel tiap beberapa menit sekali hanya untuk melihat notifikasi messenger, sms atau situs jejaring social. Ketika kita tidak bisa focus kepada hal yang penting, ini juga merupakan masalah dari kecandumgan teknologi. Kewajiban dilakukan sembaring menggenggam ponsel atau memangku laptop, merupakan tanda bahwa kecandungan teknologi sudah demikian merasuk. Perasaan untuk selalu harus membalas sapaan yang masuk melalui sms, messenger atau situs jejarig social dalam keadaan apapun juga merupakan indikasi nyata. Sebelum kecandungan teknologi ini merusak lebih jauh, kendalikan diri dengan menahan keinginan tidak beralasan atau setiap menit mengecek ponsel atau melihat notifikasi. Jangan melakukan dua atau lebih pekerjaan sekaligus disaat seharusnya kewajiban diprioritaskan.
Dengan berkembangnya teknologi semua fasilitas pun bisa didapatkan sebagai contoh game dizaman yang modern ini anak-anak sekarang lebih memilih bermain dirumah atau diwarnet seharian didepan layar computer dari pada bersosialisasi diluar dengan teman sebaya mereka. Pergaulan kita hanya digame online saja, sehingga membuat para pecandu game online jadi terisolir dari teman-teman dan lingkungan pergaulan nyata. Perilaku jadi kasar dan agresif karena terpengaruh oleh apa yang kita lihat dari mainan digame online. Pikiran kita jadi terus menerus memikirkan internet yang kita mainkan.
C.    Manfaat Internet Bagi Kalangan Remaja
Terlepas dari dampak yang ditimbulkan internet, internet adalah sebuah teknologi komunikasi baru yang memudahkan penggunanya dalam memperoleh informasi. Saat ini penggunanaan internet semakin pesat, mayoritas masyarakat di dunia telah menggunakan kecanggihan internet ini untuk berbagai keperluannya, mulai dari keperluan pribadi, organisasi, hingga dinas, karena penggunaan internet dinilai lebih praktis dan efisien.
Pengaruh internet sangat besar. Sampai-sampai telah mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Saat ini hampir tidak ada yang lepas dari pengaruh internet, bahkan sekarang pemerintah pun juga memanfaatkan kecanggihan internet untuk menyampaikan informasi kepada publik, misalnya informasi tentang suatu kota, mempromosikan pariwisata, E-KTP, dan lain-lain.
Dunia pendidikan adalah salah satu bidang yang memanfaatkan internet untuk kepentingan peningkatan kualitas suatu institusi pendidikan. Pendidikan memang pemegang peran penting dalam kemajuan suatu bangsa dan negara, karena dunia pendidikanlah yang mencetak para generasi penerus bangsa. Internet dapat dikatakan sebagai perpustakaan maya yang menyimpan berbagai ilmu pengetahuan di dalamnya. Internet dapat digunakan sebagai sumber pengetahuan alternatif.
Dalam penggunaan internet, para remajalah yang menduduki peringkat pertama. Internet sudah menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Hampir setiap aktivitas remaja dipengaruhi oleh internet, mulai dari penggunaan jejaring sosial, hingga pendidikan mereka. Internet ini memberikan banyak manfaat bagi mereka, yaitu:
1)      Sebagai media yang dapat membantunya mencari informasi untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya. Internet menyediakan informasi-informasi yang dapat dijadikan referensi untuk mengerjakan tugas-tugas dari sekolah.
2)      Sebagai sumber pengetahuan alternatif. Berbagai ilmu pengetahuan mulai dari umum sampai ilmu pengetahuan untuk pendidikan formal terdapat di internet.
3)      Sebagai sarana hiburan ringan melaui film, game, music dan lain-lain. untuk sekedar melepas jenuh dari tugas, pelajaran di sekolah. Dengan kesibukan di sekolah para siswa harus menyeimbangkan kerja otaknya dengan memberikan hiburan-hiburan ringan guna menghindari stress ringan akibat otak kiri bekerja keras tanpa diimbangi otak kanan.
4)      Mencari teman baru atau sekedar berkomunikasi dengan teman melaui jejaring sosial, seperti facebook, tweeter, blog, dan lain-lain. Jejaring sosial juga dapat digunakan para pelajar untuk berdiskusi jarak jauh untuk menyelesaikan tugas dari sekolah.
5)      Mencari informasi tentang hal-hal baru atau yang sedang digemari para remaja seperti, K-Pop, suffle dance, basket, dan lain-lain. Hal ini dapat membuat remaja dapat menyalurkan bakat mereka dalam bidang non-akademis.
6)      Mencari informasi tentang idola mereka. Informasi yang mereka dapat memotivasi mereka untuk belajar. Tanpa seorang idola mungkin hidup seperti tanpa tujuan bagi remaja, mereka perlu sosok yang dapat membuat mereka termotivasi untuk menjadi generasi yang berguna bagi bangsa, karena remaja masih dalam tahap perkembangan.
7)      Remaja menjadi semakin kreatif. Internet dapat menjadi salah satu sarana untuk menyalurkan daya kreatifitas mereka, seperti membuat cerita fiksi lalu di postkan di sebuah blog, dan lain-lain.
8)      Mereka tidak gaptek (gagap teknologi). Mereka dapat mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang hampir seluruhnya menggunakan kecangihan internet.
9)      Internet sebagai sarana belajar bisnis. Tidak sedikit para remaja yang saat ini menggunakan internet sebagai sarana berbisnis, seperti jual beli online, pembuatan dan pengelolaan website yang menyediakan referensi untuk tugas para pelajar, dan lain-lain.

B.     Dampak Negatif Internet
Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan para remaja melaui internet, maka banyak juga hal negatif yang muncul. Hal negatif yang ditimbulkan internet, antara lain:
1.      Kejahatan penculikan terhadap remaja melaui jejaring sosial di dunia maya (internet).
2.      Penipuan dalam jual beli online.
3.      Membuat remaja menjadi malas, karena waktu untuk bekerja membantu orang tua atau belajar tersita untuk berinternet, sehingga tugas-tugas sekolah sering terlantar.
4.      Para remaja menjadi terlalu bergantung pada internet dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Padahal tugas sekolah yang seharusnya dibuat sendiri, sering dikerjakan dengan copy paste dari suatu alamat wap atau blog.
5.      Pikiran para remaja teracuni oleh sesuatu yang dapat merusak moral seperti film, gambar, foto, bacaan, dll. yang bersifat pornografi.
6.      Sosialisasi remaja dalam masyarakat berkurang, karena para remaja menjadi lebih suka dan nyaman bersosialisasi dalam dunia maya. Mereka jarang keluar rumah, mereka lebih suka menatap komputer atau laptopnya untuk berinternet hingga lupa waktu.

C.    Mengatasi Dampak Negatif Internet
Untuk mengatasi atau lebih tepat mencegah dampak negatif terutama untuk pelajar atau remaja adalah sebagai berikut :
1.     Online block : banyak dari pelayanan komersil, seperti American Online dan Prodigy mempunyai mekanisme untuk mengakses daerah terlarang dan tidak tepat untuk anak-anak atau pelajar. Jika anda bergabung pada pelayanan online, akrabkan dengannya dan gunakan dengan persetujuan. Khusus di Indonesia, Radnet – salah satu provider yang ada di Indonesia memang telah memblokir majalah-majalah porno yang terdapat di Internet seperti Playboy dan Penthouse.
2.     Cheklist : yakinkan bahwa anak-anak dan remaja tahu mana yang boleh dan tidak boleh. Jangan pernah berikan informasi pribadi kepada orang asing. Jangan melakukan pertemuan face to face dengan user yang lain tanpa persetujuan keluarga. Selalu ingat bahwa anonimitas (ketakbernamaan) dari Net dapat membuat orang menyembunyikan umur dan identitasnya.
3.     Menunggu : tetaplah nongkrong ketika anak-anak sedang melakukan sesuatu. Tanyakan favorit apa yang mereka lihat, biarkan mereka mengajarkan pada Anda beberapa ‘stroke’net. Jika Anda concern pada kegiatan anak pada online, cobalah berbicara pada mereka tentang hal tersebut. Buatlah komputer menjadi kegiatan keluarga sehingga dapat dinikmati dan didiskusikan bersama oleh seluruh keluarga.
4.     Lihatlah jam : Perhatikan berapa yang harus dibayar ketika anak menghabiskan waktunya di online. Banyak tagihan untuk BBS atau Online service. khususnya pada larut malam, mungkin merupakan indikasi dari suatu masalah.
5.     Special Software : Pertimbangkan pembelian software pembersih seperti Surfwatch, yang mana akan melindungi computer yang meload dari salah satu tempat access pada Internet yang diketahui berisi hal-hal sexual. Suatu usaha untuk mencari halaman Penthouse Web, sebagai contoh,menghasilkan tulisan di layar “Block by Surfwatch”.
6.     Anda tidak sendiri : Persatuan orang tua dan guru di sekolah atau kelompok lainnya yang concern terhadap masalah itu bersama- sama akan membawa kita ke tempat dimana kita dapat bertukar pengalaman dan mendapatkan support dari orang yang menghadapi masalah yang sama. Juga katakan pada tetangga, karena upaya Anda akan sia-sia jika anak di seberang rumah tanpa batas.

 
BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran (decentralization)/pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem.
Hampir setiap aktivitas remaja dipengaruhi oleh internet, mulai dari penggunaan jejaring sosial, hingga pendidikan mereka. Internet ini memberikan banyak manfaat bagi mereka, yaitu:
·         Sebagai media yang dapat membantunya mencari informasi untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya.
·         Sebagai sumber pengetahuan alternatif.
·         Sebagai sarana hiburan ringan melaui film, game, music dan lain-lain.
·         Mencari teman baru atau sekedar berkomunikasi
·         dengan teman melaui jejaring sosial
·         Remaja menjadi semakin kreatif.
·         Internet sebagai sarana belajar bisnis.
Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan para remaja melaui internet, maka banyak juga hal negatif yang muncul, misalnya: Kejahatan penculikan, Penipuan, menjadi malas, ketergantungan, dapat merusak moral, dan lain-lain.
B.     Saran
Sebaiknya para remaja memanfaatkan internet dengan sebaiknya dalam peningkatan kualitas diri sekaligus peningkatan sumber daya manusia seutuhnya sebagai penerus bangsa. Sebaliknya jangan sekali-kali menyalahgunakan penggunaan internet yang dapat merusak masa depan para remaja .



DAFTAR PUSTAKA

Admin. 2015. Internet, [Online]. Tersedia: http://id.wikipedia.org. [08 Februari 2015]
Anwar. 2014. Makalah Pengaruh Internet Bagi Pelajar, [Online]. Tersedia: https://abuelsah.wordpress.com. [08 Februari 2015]
Admin. 2013. Manfaat Internet Bagi Pelajara, [Online]. Tersedia:  http://mantily.com. [08 Februari 2015]
Xian, Shu. 2013. Dampak Internet Bagi Remaja, [Online]. Tersedia: http://beginner333.blogspot.com. [08 Februari 2015]
Azzahrah, Siti Fatimah. 2014. Makalah Pengaruh Internet Bagi Perkembangan Remaja, [Online]. Tersedia: http://worldofsifa.blogspot.com. [08 Februari 2015]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar